3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Manfaat Ujian Kejar Paket B

Kegiatan Paket B Kota Medan
Keuntungan dan Kerugian Kejar Paket B yang Harus Diketahui

Sebelum mengikuti Kejar Paket B, ada baiknya untuk terlebih dahulu tahu apa keuntungan dan kerugiannya. Simak informasi selengkapnya berikut!


Kadang-kadang Kelompok Belajar Paket B disebut juga dengan istilah Paket B yang merupakan ujian kesetaraan pendidikan menengah. Bagi mereka yang berencana untuk mengikuti Kejar Paket B, Anda perlu mengetahui beberapa keuntungan dan kekurangannya.


Karena itu di artikel ini kita akan membahas beberapa poin yang kiranya penting untuk diketahui. Diharapkan nantinya Anda benar-benar memahami apa saja manfaat memiliki ijazah paket B setara SMP.

 

Manfaat dan Keuntungan Kejar Paket B


Ujian Kejar Paket B adalah solusi untuk siapa pun yang ingin  memperoleh ijazah setara SMP. Selain itu, masih banyak manfaat dan keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan. Keuntungan Paket B tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


1. Solusi bagi yang gagal dalam ujian nasional


Ujian Paket B merupakan solusi bagi mereka yang gagal dalam ujian nasional di SMP. Dengan Paket B, Anda memiliki kesempatan kedua untuk mendapatkan ijazah setingkat SMP dengan cara alternatif namun tetap legal.

 

2. Solusi bagi yang tidak bisa sekolah reguler


Ada banyak faktor yang menghalangi Anda untuk mengikuti kegiatan pendidikan dan pembelajaran reguler di tingkat sekolah menengah, yang dapat disebabkan oleh usia, kesibukan, dan sebagainya.


Paket B merupakan salah satu solusi bagi yang tidak mengenyam pendidikan reguler setingkat SLTP dan bisa mendapatkan ijazah SMP.


3. Proses lebih cepat

 

Proses yang diperlukan untuk mendapatkan ijazah Paket B tentu lebih cepat dari pendidikan sekolah menengah reguler. Biasanya Anda membutuhkan waktu hingga 3 tahun atau 6 semester untuk mendapatkan ijazah SMP. Untuk Paket B, hanya dibutuhkan waktu 2 semester saja.


4. Ijazah Setara


Manfaat lain dari mengikuti ujian Kejar Paket B adalah Anda akan mendapatkan ijazah yang setara dengan lulusan SMP lainnya. Hal itu karena memang setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan.


5. Kesempatan yang sama untuk melanjutkan ke SMA


Dengan ijazah Paket B, Anda memiliki kesempatan untuk melanjutkan ke SMA sama seperti lulusan SMA lainnya. Ijazah yang didapatkan melalui Kelompok Belajar di PKBM telah diakui oleh negara dan dapat digunakan untuk kebutuhan administrasi lainnya.


Kekurangan Ujian Kejar Paket B


Selain kelebihan yang telah disebutkan di atas, program Kejar Paket B juga memiliki kekurangan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kekurangan Paket B, mari kita lihat beberapa poin berikut ini:


1. Motivasi siswa rendah


Karena lingkungan belajar berbeda dengan pendidikan normal, siswa yang mengikuti ujian kesetaraan secara alami akan kurang termotivasi untuk belajar.


2. Stigma siswa buta huruf


Banyak yang menganggap lulusan Paket B sebagai siswa bodoh karena tidak bisa lulus ujian nasional. Meskipun ada banyak faktor lain yang menyebabkan orang mengikuti Kejar Paket B.


3. Siswa dianggap putus sekolah


Lulusan Paket B sering dianggap bodoh dan nilainya jelek, dan sering disamakan dengan siswa yang putus sekolah. Padahal ada banyak faktor lain yang membuat anak tidak bisa bersekolah di sekolah reguler.


4. Sedikit lingkungan pertemanan


Berbeda dengan anak-anak yang setiap hari bersekolah di SMP atau SMA reguler yang saling berbaur, tentu saja mereka yang hanya mengikuti proses ujian kesetaraan Paket B hanya memiliki sedikit teman.


Penutup


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Kejar Paket B yang perlu Anda ketahui. Ini bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang berminat mengambil jalur sekolah alternatif. Segera hubungi kontak layanan PKBM Kreatif untuk informasi yang lebih lanjut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar