3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Ijazah Kejar Paket B

Contoh Ijazah Paket B
Apakah Ijazah Kejar Paket B Bisa Langsung Masuk SMA?


Kejar Paket B adalah tindak lanjut jalur pendidikan informal yang diselenggarakan oleh pemerintah bagi siswa yang tidak belajar melalui jalur sekolah.


Paket Kejar B adalah paket pendidikan yang diselenggarakan untuk mendapatkan ijazah setara dengan sekolah menengah pertama. Kelompok Belajar Paket ini meliputi pendidikan nonformal yang diakui dengan ijazah.


Jika ingin mendapatkan Paket B ini, Anda perlu mendaftar di PKBM, salah satunya adalah PKMB Kreatif. Kami menerima peserta yang ingin mendapatkan ijazah sesuai dengan jenjang yang akan diambil. Baik itu Kejar Paket A (SD), B (SMP) dan juga C (SMA).


Apa Kejaar Paket B?


Kejar Paket B adalah pendidikan nonformal setingkat SMP bagi siswa yang berasal dari daerah tertinggal, belum pernah bersekolah, putus sekolah, berusia produktif, dan ingin meningkatkan taraf hidupnya, pengetahuan dan kecakapan hidup.


Juga kepada anggota masyarakat lainnya yang membutuhkan pelayanan khusus untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sebagai akibat dari perubahan taraf hidup, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Setiap peserta yang berhasil berhak mendapatkan sertifikat (ijazah) yang setara dengan pendidikan formalnya. Khusus untuk lulusan Paket B nantinya diharapkan akan memiliki kemampuan sebagai berikut:


  • Mereka meyakini, memahami dan menjalankan ajaran agamanya dalam berbicara, berbuat dan bertindak.

  • Cinta dan kepercayaan pada negaranya.

  • Dapatkan kepercayaan untuk berkarya serta pengalaman baru dan inovatif dengan memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.

  • Berpikir logis, kritis, kreatif serta inovatif untuk memecahkan masalah secara produktif.

  • Berkomunikasi dengan berbagai cara dan media.

  • Memahami dan menjalankan hak, kewajiban, dan memiliki rasa peduli pada orang lain.

  • Menikmati dan menghargai keindahan serta seni.

  • Mencapai gaya hidup bersih dan sehat.

  • Memiliki apa yang Anda butuhkan untuk melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

  • Bekerja sama dan berkontribusi sebagai tim


Apakah Ijazah Paket B Bisa Langsung Masuk SMA?
Informasi Kejar Paket B Online


Proses Penerimaan Didik Baru (PPDB) tahun lalu sudah selesai. Bahkan proses pendidikan dan pembelajaran sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Namun, masih banyak masalah dengan PPDB tersebut.


Salah satunya adalah lulusan paket B tidak diperbolehkan melanjutkan pendidikan langsung ke sekolah menengah atas yang sederajat. Masih ada beberapa aturan yang tidak diketahui untuk calon siswa baru.


Asnawi, Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara, mengatakan, selama ini banyak yang bingung apakah lulusan Paket B dapat melanjutkan ke sekolah menengah atas.


Ini perlu kami dijelaskan karena sebagian orang beranggapan bahwa lulusan Kejar Paket B sama dengan lulusan SMP.  Menanggapi hal tersebut, Kepala Kabid SMA dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara menjelaskan, semua ketentuan tersebut dijelaskan dalam Permendikbud PPDB Nomor 14 Tahun 2018 Pasal 22 (3).


Ijazah Kejar Paket B setara dengan SMP, istilah ini tidak sama dengan sederajat. Untuk SMP yang sederajat adalah MTS, tetapi paket B tidak termasuk. Kalau terpaksa langsung ke SMA sederajat dari Paket B, dapodiknya tidak akan bisa terbaca.


Namun, jika ingin bersekolah di SMA sederajat, Anda harus mengikuti minimal satu semester Paket C. Kemudian mengusulkan untuk pindah ke SMA sederajat melalui mekanisme ujian yang dipantau oleh Disdikbud.


Pendidikan Setara (Paket C) mendorong siswa untuk pindah ke SMA sederajat melalui proses uji minat dan bakat yang tidak bisa dilakukan secara langsung, karena servernya berbeda.


Kesimpulan


Singkatnya, lulusan Kejar Paket B tidak bisa langsung ke SMA, Anda perlu mengikuti mekanisme lain. Caranya jika Anda sudah memiliki ijazah paket B, maka terlebih dahulu harus ikut dalam Kejar Paket C minimal satu semester. Semoga bermanfaat! SIlahkan Hubungi Admin diBawah ini Untuk Mendaftar, Konsultasi Mengenai Kejar Paket B Online


Tidak ada komentar:

Posting Komentar