3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Apa Perbedaan Pendidikan Formal dan Non Formal? - Ujian Kejar Paket PKBM Kreatif

Pendidikan bisa didapat dengan berbagai cara, baik formal maupun non formal. Inilah yang menjadi perbedaan pendidikan formal dan non formal.Pendidikan merupakan hak semua umat manusia. Di indonesia terdapat dua jalur pendidikan yang diakui pemerintah yang dikenal dengan jalur pendidikan formal dan non formal. 

Jadi, apa perbedaan pendidikan formal dan non formal?

Apapun perbedaanya, pada hakikatnya, pendidikan formal dan non formal yang diselenggarakan di Indonesia memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan. Sehingga orang tersebut memiliki value atau nilai manfaat untuk masyarakat luas.

Apa Itu Pendidikan Formal dan Non Formal?

Sebelum membahas perbedaan pendidikan formal dan non formal secara mendalam, penting untuk mengetahui tentang pengertian pendidikan formal dan non formal terlebih dahulu. Pendidikan formal adalah pendidikan yang di mulai sejak Sekolah Dasar hingga Universitas. Pendidikan formal menjadi jalur yang paling banyak dipilih, karena hasil lulusannya yang dinilai lebih diakui secara nasional maupun internasional. Sementara itu, secara garis besar pengertian pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan terstruktur dan sistematis yang berada di luar sekolah. Berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan yang lebih spesifik.

Perbedaan Pendidikan Formal dan Non Formal

Meski sama-sama bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, nyatanya perbedaan pendidikan formal dan non formal cukup kontras. Salah satunya bisa kita lihat dari materi yang dibahas pada tiap jalur pendidikan. Pada pendidikan non formal, materi yang diajarkan lebih menjurus pada satu bidang. Sementara materi pendidikan formal lebih bersifat umum. Selain dua hal tersebut berikut adalah karakteristik perbedaan  antara pendidikan formal dan non formal.

Karakteristik Pendidikan Formal

Berbicara tentang bedanya pendidikan formal dan non formal, pendidikan formal memiliki jenjang yang lebih jelas dibandingkan pendidikan non formal. Berikut adalah karakteristik pendidikan formal yang membuatnya berbeda dengan non formal. Diselenggarakan oleh pemerintah, memiliki kurikulum yang jelas dan bahan ajar akademik yang sudah terstruktur. Memiliki syarat bersifat umum untuk siswa dan aturan administratif yang cendrung sama serta terdapat ujian di setiap kenaikan level. Dokumen bukti hasil pendidikan seperti ijazah wajib dipergunakan sebagai syarat untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Karakteristik Pendidikan Non Formal

Perbedaan Pendidikan Formal dan Non Formal yang paling mencolok adalah pembelajaran dalam pendidikan non formal bersifat mandiri dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Materi atau metode pembelajaran di lembaga non formal biasanya tidak terpatok pada satu kurikulum, melainkan mengkombinasikan beragam metode praktis yang efisien, sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik. Hal ini karena, salah satu tujuan pendidikan non formal adalah untuk meningkatkan taraf hidup agar lebih baik bagi kelompok masyarakat. Berikut adalah karakteristik pendidikan non formal yang menjadi pembeda dengan pendidikan formal. Bedanya pendidikan formal dan non formal sangat terasa disini. Pendidikan non formal lebih efektif dan efisien karena waktu pelaksanaan lebih fleksibel serta pembelajarannya yang lebih mendalam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.

Dapat digunakan untuk melatih pekerja dengan cepat sehingga tercipta tenaga kerja terampil dalam waktu singkat. Akses yang lebih mudah dengan biaya yang lebih murah sehingga pendidikan non formal lebih mudah diterima berbagai lapisan masyarakat.

Mengejar Pendidikan Jadi Lebih Mudah Dengan PKBM Kreatif

Dari penjabaran perbedaan pendidikan formal dan non formal di atas, terlihat bahwa pembelajaran non formal lebih menguntungkan pesertanya karena lebih fleksibel namun tetap mendalam secara materi. Jika Anda ingin meningkatkan kualitas pendidikan dengan jalur non formal, Anda bisa mengikuti program yang tersedia di PKBM Kreatif. Lembaga pendidikan non formal ini hadir dengan akses offline dan online. Hubungi nomor tertera sekarang juga.

Untuk informasi selanjutnya silahkan hubungi PKBM Kreatif Pelaksana Kejar Paket B online dan Offline di Nomor: 08116361001 atau di 06142401709 atau melalui Chat WA di Bawah Ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar