3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Program Kejar Paket A Pentingnya Pendidikan Kejujuran

 

Sangat penting untuk menanamkan sifat jujur pada anak-anak, bahkan ketika mereka ikut dalam program Kejar Paket A.


Di saat pembelajaran jarak jauh, sangat penting untuk berlatih jujur ​​dengan anak-anak. Jika anaknya berperilaku jujur, semua orang tua akan senang. Nah, kejujuran harus dipraktikkan oleh anak-anak sejak usia dini. Ajarkan anak-anak terkait sikap jujur ini saat mereka mengikuti program Kejar Paket A.


Dengan begitu, anak-anak akan tumbuh menjadi orang yang baik dan dapat dipercaya oleh semua orang. Sangat bagus bagi orang tua untuk mulai membangun kepribadian yang jujur ​​dengan anak-anak mereka sejak usia dini. Kejujuran dapat dipraktikkan dengan anak-anak kapan saja, di mana saja.


Materi Pendidikan Kejujuran – Kejar Paket A PKBM Kreatif


Seorang anak yang mengerjakan banyak pekerjaan rumah di sekolah selama PJJ Kejar Paket A mungkin kewalahan dan memilih untuk diam-diam menyalin jawaban dari Internet. Nah, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk melatih anak jujur. Ini termasuk:


1. Menjadi panutan yang baik


Tentu saja sebagai orang tua, kita adalah panutan bagi anak-anak. Apa yang mereka lihat dari perilaku orang tua mereka dapat mempengaruhi perilaku anak-anak. Sejak usia tiga tahun, ia dapat meniru perilaku orang tuanya, menurut Departemen Pendidikan California.


Oleh karena itu, orang tua perlu memberikan contoh perilaku yang baik bagi anak-anaknya. Dengan cara ini, anak-anak juga termotivasi untuk bertindak jujur, seperti yang dijelaskan oleh orang tua mereka.


2. Biasakan untuk setia pada diri sendiri


Memang tidak mudah melatih anak untuk terbiasa jujur ​​pada diri sendiri. Ini bisa sulit dilakukan karena ketakutan anak. Cobalah untuk berkomunikasi dengan anak Anda untuk mencari tahu apa masalahnya. Kemudian bantu anak untuk setia pada dirinya sendiri.


Seperti ketika Anda sedang dalam proses belajar di masa pandemi ini. Adanya pandemi menuntut anak-anak untuk belajar dari rumah atau ikut Kejar Paket A. Dengan dorongan, bantu dia bekerja dengan jujur. Anak-anak nantinya mulai memahami dan percaya pada kemampuan mereka.


3. Berikan pujian saat mengatakan yang sebenarnya


Berikan rasa terima kasihnya ketika anak Anda mengatakan yang sebenarnya, terutama jika Anda mengakui bahwa dia takut atau khawatir. Sebelum mengoreksinya, kita bisa memberikan pernyataan pujian atau sentuhan emosional yang membuat anak merasa aman dan bersyukur.


Ini akan membantu anak-anak mengajarkan perilaku jujur ​​di masa depan. Seperti yang kita ketahui, anak seringkali tidak berkata jujur ​​karena takut dimarahi. Karena itu, ketika anak Anda bertindak jujur, biasakan untuk memberi mereka ketenangan pikiran.


4. Perkenalkan anak cerita yang mengandung nilai kejujuran


Ini memberi anak-anak cerita yang layak tentang kejujuran. Misalnya cerita seekor kijang yang suka mencuri mentimun dan dijauhi teman karena suka mencuri. Suatu hari dia menyadari situasinya dan berjanji untuk tidak mencurinya lagi.


Dia mengatakan yang sebenarnya dan menepati janjinya, sehingga teman-temannya akhirnya mempercayainya. Dari cerita sederhana ini, anak-anak dapat belajar dan mendapatkan banyak pelajaran untuk membangun karakter mereka.


Jadi, walaupun mengikuti program Kejar Paket A dari rumah namun mereka tetap mendapatkan pendidikan yang maksimal dari orang tuanya. Tidak hanya mengandalkan pendidikan di tempat sekolah.


5. Perlakukan anak Anda dengan jujur ​​dengan menepati janji


Orang tua terkadang melakukan kesalahan kecil yang tanpa disadari mempengaruhi perilaku anak-anaknya. Misalnya, ketika seorang anak menangis, dia berkata, "Jangan menangis, ibu akan membeli mainan nanti." Dan ketika anak berhenti menangis, ibu tidak membeli mainan. 


Ini adalah kebohongan kecil yang anak-anak dapatkan dengan mengecewakannya ketika orang tua gagal menepati janji mereka. Sebab itulah, coba untuk mencari cara lain yang lebih efektif daripada tidak memenuhi dan menepati janji kecil.


Penutup


Melatih kejujuran pada anak dapat dilatih secara mandiri di rumah ketika anak-anak Anda ikut program Kejar Paket A. Sekarang PKBM Kreatif membuka kesempatan untuk siapa pun mendapatkan jenjang kesetaraan pendidikan, SD, SMP dan SMA. Program ini dapat diikuti secara offline atau online.

Contoh Materi Video Pembelajaran Kejar Paket A




Untuk informasi selanjutnya silahkan hubungi PKBM Kreatif Pelaksana Kejar Paket B online dan Offline di Nomor: 082160961183 atau di 06142401709 atau melalui Chat WA di Bawah Ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar