3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Apa Itu Kejar Paket C

 Apakah Ijazah Kejar Paket C Bisa untuk Kerja?

Banyak orang ikut dalam program kejar paket C, namun yang menjadi pertanyaan apakah ijazahnya bisa untuk melamar kerja?


Ujian kejar paket C adalah solusi bagi mereka yang gagal dalam ujian nasional tingkat SMA. Dengan mengikuti Paket C ini, Anda berpeluang untuk lulus di tahun yang sama. Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah, apakah ijazah kejar paket C bisa untuk kerja?


Untuk menjawab soalan itu, ada baiknya kita membahas lebih rinci mengenai apa itu kejar paket C. Karena, sebelum mengikuti program tersebut Anda harus paham terlebih dahulu pengertiannya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.


Pengertian Kejar Paket C


Paket C merupakan salah satu program pendidikan dasar yang diadakan melalui jalur pendidikan luar sekolah pada umumnya. Pendidikan luar sekolah berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan menitikberatkan pada perolehan pengetahuan, pengembangan sikap dan kepribadian profesional serta keterampilan fungsional.


Setiap peserta yang mengikuti paket C dapat mengikuti tes dan ujian kesetaraan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Walaupun sebenarnya bukan hanya Paket C, namu ada juga pilihan Paket B dan A.


Peserta yang mengikuti Paket A mengikuti tes kesetaraan SD, peserta yang mengikuti Paket B mengikuti tes kesetaraan SMP, dan peserta yang mengikuti Kejar Paket C mengikuti tes kesetaraan SMA.


Uji ekuivalensi atau kesetaraan dilakukan dua kali dalam setahun. Setiap lulusan berhak memperoleh ijazah yang setara dengan pendidikan formal yang dipilih. Dalam hal ini jika Anda mengikuti program paket C maka akan mendapat ijazah SMA.


Paket C semakin populer karena peserta ujian nasional (UN) tingkat SMA dan MA yang tidak lulus bisa menggunakan jalur ini untuk mengulang. Paket C adalah layanan pendidikan menengah kejuruan melalui jalur informal.


Program Paket C merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat usia sekolah dan orang dewasa yang tidak melanjutkan pendidikan karena berbagai alasan.


Pasal 20, Pasal 26, Ayat 6 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menunjukkan bahwa hasil pendidikan nonformal dapat dievaluasi secara berimbang dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk pemerintah.


Apakah Ijazah Kejar Paket C Bisa untuk Kerja?
Kejar Paket C Online


Tidak ada batasan usia dan siapa pun dapat berpartisipasi dalam Paket C ini. Mereka yang tidak pernah bersekolah, mereka yang putus sekolah, mereka yang tidak lulus ujian nasional, mereka yang tidak mengikuti pendidikan formal (homeschooling).


Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah ketika Anda sudah masuk usia kerja, tapi Anda belum punya ijazah, jadi apakah Anda bisa masuk sekolah paket C?


Pelu diketahui bahwa, Anda nantinya akan mendapatkan ijazah yang setara dengan ijazah yang didapatkan saat Ujian Nasional (UN). Satu-satunya perbedaan adalah tanda tangan sertifikat.


Untuk Ijazah formal yang tanda tangan kepala sekolah, dan untuk Paket C tanda tangan akan dilakukan oleh kepala dinas pendidikan kota/kabupaten.


Tentunya ijazah Paket C dapat digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi swasta maupun negeri. Untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), ijazah paket C dapat diterima melalui jalur Seleksi Bersama Nasional (SBMPTN) dan jalur mandiri.


Dalam hal Seleksi Nasional (SNMPTN), Anda tidak akan dapat menggunakan ijazah paket C ini karena SNMPTN hanya pendidikan formal. Dan tentu saja, Anda juga dapat menggunakan ijazah tersebut untuk melamar pekerjaan!


Penutup


Ijazah Kejar Paket C dapat digunakan untuk melamar pekerjaan ataupun melanjutnya kuliah di universitas. Tentu saja ini akan membuka peluang selebar-lebarnya bagi peserta paket untuk terus meningkatkan pendidikan. Hubungi kontak layanan kami untuk ikut dalam ujian kesetaraan!


Untuk Lebih Lengkap Alur dan Proses dapat dilihat di penjelasan kami pada Proses Mendaftar Kejar Paket C di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar