3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Program Kejar Paket A di PKBM Kreatif

Pelajaran Paket A
Mengapa Anda Harus Ikut Program Kejar Paket A di PKBM Kreatif?

 

PKBM Kreatif menjadi solusi untuk Anda yang ingin mengikuti program Kejar Paket A. Ketahui informasi selengkapnya berikut ini!


Banyak anak-anak yang tidak dapat menyelesaikan pendidikan sekolah dasar secara formal. Alasannya baik karena ekonomi ataupun ikut program homeschooling. Namun tidak perlu khawatir, karena sekarang siapa pun bisa mendapatkan ijazah SD melalui Kejar Paket A.


Ini merupakan program yang didukung oleh pemerintah supaya setiap warga negara mendapatkan hak yang sama terkait pendidikan. Bahkan untuk mereka yang putus sekolah pun tetap bisa melanjutkan pendidikannya.


Paket A Setara SD (Sekolah Dasar)


Setara dengan SD, Program Kejar Paket A adalah pendidikan nonformal yang setara dengan program sekolah dasar. Program ini merupakan jalur alternatif dari Kemendikbud kepada masyarakat bagi siswa yang putus sekolah atau yang tidak berkesempatan mengenyam pendidikan formal.


Biasanya adalah mereka yang mengalami kendala sosial, ekonomi, waktu, kesempatan dan geografis. Selain itu, beberapa siswa telah mengikuti program pendidikan Paket A karena terlibat dalam kegiatan profesional lainnya seperti atlet, kewirausahaan, staf, dan karyawan. 


Program ini terbuka bagi mereka yang tidak bisa berkonsentrasi pada lingkungan sekolah yang ramai dan untuk siswa homeschooling. Paket Program Kesetaraan SD adalah versi revisi dari program uji kesetaraan yang diterapkan sebelumnya.


Bedanya saat ini siswa yang ingin mengikuti UNPK harus mengikuti kegiatan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) terlebih dahulu. Ijazah program pendidikan Paket A setara dengan ijazah SD dan dapat digunakan untuk melamar kerja atau melanjutkan pendidikan di SMP atau MT (negeri atau swasta).


Mengapa Harus Ikut Kejar Paket A di PKBM Kreatif?


Paket A juga dikenal sebagai paket atau ujian kesetaraan, adalah layanan ujian yang disediakan pemerintah yang membantu anak-anak homeschooling menjadi setara dengan sekolah. Paket A untuk SD, Paket B untuk SMA, dan Paket C untuk SMA.


Pengujian paket merupakan keharusan bagi keluarga yang sekolah menggunakan model homeschooling. Ujian paket tidak menjadi masalah bagi keluarga teladan non-sekolah yang tidak mementingkan ijazah.


PKBM Kreatif tidak hanya sebagai sarana untuk melaksanakan ujian, tetapi juga memberikan fasilitas dan fasilitator untuk belajar atau mempersiapkan diri kembali sebelum mengikuti ujian nasional kesetaraan.


Sistem pembelajaran PKBM Kreatif berbeda. Singkatnya, PKBM Kreatif tidak hanya berpartisipasi sebagai penyelenggara ujian nasional kesetaraan, tetapi juga mempersiapkan warga negara yang terdidik sebelum mengikuti ujian nasional.


Kegiatan yang diberikan oleh PKBM Kreatif untuk membuat warga mengejar paket agar mudah lulus ujian nasional adalah:


  • Anda memiliki tim pendidikan yang berpengalaman di bidangnya

  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan di dalam kelas

  • Bisa mengikuti ujian nasional dan kesetaraan

  • Kegiatan selalu diawasi oleh pimpinan paket selama proses pembelajaran dan ujian nasional


Dapatkan Ijazah SD Melalui PKBM Kreatif


Mereka yang tidak memiliki ijazah SD dan tidak memiliki cukup uang untuk tamat SD (putus sekolah) tidak perlu bersedih hati. Seperti diketahui, menurut jenjang Paket A, program pendidikan informal ini sudah digalakkan pemerintah bagi mereka yang putus sekolah. 


Kelompok belajar yang berpartisipasi dalam program Kejar Paket A juga didukung oleh pusat kegiatan belajar masyarakat yang dapat diakses dengan biaya yang sangat rendah. Untuk menyelesaikan pendidikan informal ini, Anda hanya perlu memilih periode waktu belajar tertentu.


Sedangkan untuk berapa lama waktu yang dibutuhkan mendapatkan Paket A adalah selama 4 semester atau 2 tahun, dan untuk orang dewasa, bisa mengambil program selama 2 semester atau 1 tahun.


Banyak orang yang tidak bertanggung jawab di luar sana, jadi ada baiknya memilih PKBM yang sudah memiliki izin. Salah satunya adalah PKBM Kreatif yang bisa Anda hubungi melalui kontak layanan kami yang tersedia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar