3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Kejar Paket PKBM Kreatif Solusi Hubungan Sosial

Proses Ujian Kejar Paket Online
Fungsi Pendidikan Terkait Hubungan Sosial – Kejar Paket PKBM Kreatif


 

Salah satu fungsi pendidikan yang sangat penting adalah membangun kecerdasan siswa terkait hubungan sosial – Kejar Paket PKBM Kreatif


Pendidikan sekarang ini sudah bisa diakses oleh siapa pun tanpa terkecuali. Bahkan untuk mereka yang tidak sempat menyelesaikan pendidikan formal di sekolah reguler dalam mengikuti program Kejar Paket yang didukung penuh oleh pemerintah.


PKBM Kreatif adalah salah satu instansi yang membuka kelas Kejar Paket Online ataupun offline. Siapa pun Anda dan sedang berada di mana pun dapat mengikuti program kesetaraan ini dengan  mudah. Semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan.


Fungsi Pendidikan Terkait Tatanan Sosial


Hal ini didasarkan pada gagasan untuk mewujudkan warga negara yang bebas dan mandiri. Ada banyak penulis, terutama sosiolog, yang menyarankan poin-poin berbeda untuk dipertimbangkan dalam kaitannya dengan fungsi sosial pendidikan.


Misalnya, Émile Durkheim (1858-1917, Prancis) menempatkan individu dalam kelompok di mana orang dewasa mendidik generasi muda dan mengajar mereka secara moral dan intelektual dengan cara yang tepat di masyarakat. 


Berkat ruang publik dari sistem pendidikan, ada ahli menyebut bahwa negara sebagai kontrol sosial. Singkatnya, pengembangan lembaga pendidikan yang dilindungi negara berfungsi sebagai faktor homogenisasi identitas sosial dan ideologis warga negara.


Kepentingan pendidikan yang melayani politik cukup sering diperdebatkan. Hal ini untuk menunjukkan indoktrinasi siswa sekolah oleh negara atau lingkungan politik yang dominan.


Contoh nyata dari situasi ini adalah proses pendidikan yang berlangsung selama Nazi Jerman (1933-1945). Di Third Reich, yang dipimpin oleh Adolf Hitler, visi sosialisme nasional di dunia merasuki mahasiswa.


Para guru dari sistem tersebut ditugaskan untuk menghapus buku-buku yang tidak sesuai dengan cita-cita yang dipaksakan dan memperkenalkan bacaan baru untuk mendukung rasisme dan anti-Semitisme yang tersebar luas di kalangan generasi baru Jerman.


Melalui berbagai cara dan strategi promosi, mereka mendidik siswa berdasarkan keberadaan ras unggul atau "Arya" di mana mereka berpartisipasi. Sementara itu, mereka mendesak pengucilan non-anggota kelompok sosial, termasuk Yahudi.


Contoh lain dari fungsi sosial pendidikan sebagai layanan politik adalah kudeta militer Argentina 1976. Dalam prosesnya, dari tahun 1976 hingga 1983, pemerintahan militer yang dipimpin oleh Letnan Jenderal Jorge Rafael Videra, Laksamana Emilio Eduardo Massera (Angkatan Laut) dan Letnan Jenderal Orlando Ramon Agosti (Angkatan Udara), memerintah negara itu. Proses ini disebut "Proses Reorganisasi Nasional".


Selama tahun-tahun kelam dalam sejarah Argentina, pihak berwenang yang bertanggung jawab melakukan penganiayaan, penculikan dan pembunuhan warga sipil. Mereka juga akan mengubah kurikulum pusat pendidikan dan universitas. Mereka membakar buku.


Namun, perlu dicatat bahwa fungsi sosial pendidikan tidak hanya memiliki konsekuensi negatif dari contoh-contoh sebelumnya. Semua pendidikan yang diberikan kepada masyarakat bertujuan untuk menjaga nilai, moral dan pengetahuan budaya. Berbagai metode mengamati dan menganalisis suatu realitas tertentu telah diturunkan dari generasi ke generasi.


Secara historis, pendidikan telah menjadi hak istimewa bagi sebagian orang, tetapi dalam situasi sekarang, kemajuan teknologi menghasilkan jumlah informasi yang tidak proporsional. Saat ini, semua warga negara dapat memperoleh pengetahuan, tanpa memandang ras, agama, warna kulit, atau kelas sosial. Salah satunya adalah melalui program Kejar Paket.


Pengetahuan hanya membutuhkan dua hal, kemauan dan tekad. Selain pendidikan formal, pendidikan nonformal pun yang diperoleh dari pengalaman hidup, individu, makhluk bebas dan mandiri yang membentuk masyarakat dapat terus ditingkatkan. Tidak ada batasan atau perspektif tentang pengetahuan yang diperoleh melalui pendidikan.


PKBM Keatif Solusi Sekolah Mandiri dan Bebas


Dalam membuat definisi, menunjukkan bahwa fungsi sosial pendidikan bertanggung jawab atas nilai-nilai moral dan etika masing-masing kelompok sosial, pelestarian dan transmisi adat istiadat, dan penerimaan serta penerapan hukum pembangunan dari generasi ke generasi.


Berkaitan dengan informasi tersebut sudah selayaknya kita menyelesaikan pendidikan yang menjadi kewajiban setiap anak bangsa. Sekarang semuanya telah dimudahkan dengan adanya Kejar Paket untuk Anda yang ingin mendapatkan ijazah SD, SMP dan SMA tanpa jalur formal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar