3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Kejar Paket C Online

Proses Kejar Paket C Online

Kejar Paket C Online, Solusi Sekolah Jarak Jauh

Paket C online menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang tidak mampu mengikuti program pendidikan formal. Cari tahu selengkapnya di sini!


Kejar Paket C online merupakan program pendidikan tingkat SMA. Peserta Paket C umumnya adalah orang tua, mulai dari mereka yang baru lulus SMA hingga orang dewasa berusia 30-an dan 40-an, misalnya.


Peserta Paket C online dapat berupaya memperoleh ijazah sekolah menengah atas yang setara untuk melamar pekerjaan. Untuk mendapatkan ijazah setara Paket C, Anda harus lulus ujian Paket C terlebih dahulu.


Tentang Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan


Anda pasti pernah mendengar tentang ujian negara atau nasional. Ujian serentak bagi siswa SMA, SMP dan SD di seluruh Indonesia menjadi bencana bagi peserta yang merasa belum belajar. Akibatnya, beberapa peserta gagal.


Jadi, jika Anda tidak lulus, jangan marah. Pasalnya, ada Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan yang bisa diikuti setelah menyelesaikan paket tersebut. Ujian ini hampir sama dengan ujian nasional yang biasanya ditempuh di sekolah-sekolah umum.


Pasalnya, materi ujian tersebut digunakan untuk memperoleh ijazah setara di beberapa program pendidikan, mulai dari SD hingga SMA. Ada berbagai jenis persamaan yang bisa diikuti, Paket A, Paket B dan Paket C online.


Selengkapnya: Paket A adalah ujian yang digunakan untuk ijazah setara Sekolah Dasar  (SD), Paket B adalah ujian yang digunakan untuk ijazah setara Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Paket C adalah ujian yang digunakan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA).


Apa itu Paket C Online?


Sebelum menjelaskan cara dan proses Kejar Paket C online, terlebih dahulu kita perlu mendapatkan gambaran umum tentang paket C. Secara sederhana, paket C adalah program pendidikan nonformal untuk orang-orang yang biasanya ingin mendapatkan ijazah SMA.


Paket C biasanya diselenggarakan oleh organisasi yang didukung oleh pemerintah atau dikenal dengan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Keberadaan PKMB ditunjukkan kepada mereka yang ingin memperoleh ijazah pendidikan menengah.


Biasanya orang yang memiliki dana terbatas bergabung dengan PKBM. Namun seiring berjalannya waktu, PKBM bisa diikuti oleh siapa saja yang ingin mendapatkan ijazah SLTA, meski bersekolah di usia tidak produktif lagi.


PKBM atau Kelompok Belajar sendiri tidak hanya untuk paket C online. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKMB menawarkan banyak paket pendidikan lainnya. Paket A ada untuk tingkat SD, paket B untuk tingkat SMP, dan paket C untuk tingkat SMA.


Bagaimana Program Paket C Online?


Mengikuti Kejar Paket C online akan memudahkan siapa pun dan bisa lulus relatif lebih cepat daripada di sekolah umum biasa. Seminggu itu 3 hari, belajar sesuai dengan sistem yang digunakan dalam program Paket C.


Hal ini dapat dilakukan di rumah atau homeschooling sehingga semua orang dapat terus mengikuti paket C. Tidak ada batasan usia bagi orang yang ingin bergabung dan mengikuti program Kejar Paket online ini. Paket C menggunakan dua jenis model pembelajaran, yaitu:

Informasi Kejar Paket C Online


Yang pertama adalah paket C untuk orang yang dewasa. Artinya orang dewasa adalah mereka yang sudah tidak produktif lagi pada usia sekolah formal. Orang yang mengikuti paket C online hanya akan belajar selama 2 tahun atau 4 semester 


Namun di sisi lain, jika bersekolah di sekolah umum, ada model pendidikan lain untuk orang-orang yang masih produktif. Mereka yang belajar di paket C online adalah selama 3 tahun atau 6 semester.


Sama seperti siswa SMA. Bedanya, waktu latihan mereka biasanya menyesuaikan dengan individu masing-masing. Selama seminggu mereka hanya melakukan pendidikan selama tiga hari di PKBM.


Menutup


Menggunakan Kejar Paket C merupakan alternatif bagi Anda yang tidak mengikuti pendidikan sekolah reguler. Hal ini menjadi pilihan untuk memudahkan masyarakat memperoleh ijazah yang setara. Anda dapat mendaftar Program Paket C online dengan menghubungi kontak layanan PKBM Kreatif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar