3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Syarat Ikut Program Ujian Kesetaraan!


Untuk bisa mengikuti program paket dan ujian kesetaraan perlu beberapa syarat, silakan simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Peserta yang mengikuti Paket A dapat mengikuti Tes Kesetaraan SD, Peserta yang mengikuti Paket B dapat mengikuti Tes Kesetaraan Tingkat Menengah, dan Peserta Paket C dapat mengikuti ujian kesetaraan SMU/SMK/MA. Sebelum menjelaskan cara mengikuti pengujian pada paket A, B dan C, pertama-tama kita perlu mendapatkan gambaran umum tentang paket paket tersebut. Sederhananya, paket adalah program pendidikan informal bagi masyarakat yang pada umumnya ingin mendapatkan ijazah tanpa harus menempuh pendidikan di sekolah formal. Namun begitu, untuk mengikuti program ini, Anda terlebih dahulu harus tahu apa saja syarat dan caranya. Karena itu, di artikel ini kita akan membahas terkait cara dan syarat untuk bisa ikut paket A, B dan C serta ujian kesetaran.

Persyaratan Untuk Mengikuti Ujian Kesetaran Paket

Ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi sebagai cara untuk melakukan tes atau ujian paket. Berikut rincian beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk mendaftar program paket kesetaraan dan mengikuti ujian:

Tahap 1: Temukan PKBM

PKBM atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat adalah instansi yang bertanggung jawab menyelenggarakan Program Tindak Lanjut Paket A, B dan C yang didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Saat ini hampir setiap daerah di Indonesia memiliki PKBM sendiri. Anda dapat mencari lembaga PKBM yang terdekat dengan lokasi atau wilayah Anda. Lembaga PKBM biasanya milik swasta. Jika kesulitan mencari PKBM karena hanya kenal sedikit orang atau jauh, Anda bisa mencari di internet. Cobalah untuk berselancar di internet guna mencari situs PKBM yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda. Namun pada PKBM Kreatif Dapat melaksanakan Ujian Kesetaraan Paket berasal dari Kota Mana saja di Seluruh Indonesia.

Tahap 2: Persiapan dokumen

Langkah selanjutnya adalah mencari lokasi PKBM tempat Anda ingin menjalankan tes dan ujian paket. Kemudian menyiapkan semua dokumentasi yang diperlukan untuk mendaftar dan melalakukan ujian kesetaraan.  Dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran mungkin tidak selalu sama untuk setiap PKBM dari satu daerah ke daerah lain. Secara umum, dokumen yang harus Anda siapkan tidak jauh berbeda. Beberapa dokumen tersebut antara lain pas foto 3x4, fotokopi ijazah, yang telah dilegalisir, Kartu Keluarga, formulir pendaftaran dari masing-masing PKBM dan baju putih panjang. Anda dapat mengunduh dan memperoleh formulir ini dari situs web PKBM masing-masing, atau Anda dapat langsung mengunjungi PKBM dan mengisi formulir tersebut.

Tahap 3: Silakan Kirim Dokumen

Setelah memiliki semua dokumen yang diperlukan untuk mendaftar, Anda tidak perlu menunggu lagi dan silakan segera mengirimkan dokumen ke instansi PKBM terkait. Ada dua sistem yang dapat digunakan untuk mengirim dokumen.

  1. Cara pertama adalah mengirimkan dokumen secara online melalui email atau WhatsApp. Dokumen seperti ijazah dapat dipindai ke dalam format JPG. Kemudian lampirkan file formulir di email Anda.
  2. Atau, Anda dapat mengirim semua file yang diperlukan ke kantor pos. Kalau PKBM dekat, boleh langsung datang dan bawa semua dokumen yang diperlukan. Tentu saja, lebih mudah dan semuanya dilakukan lebih cepat.
  3. Kirim ke Komunitas Blogger PELAJAR Base Camp Blogger Pelajar Jl. Nusa Indah, Komp. GIM, Blok. F. 6 Asam Kumbang Medan Selayang, 20132 Telepon: 061-42401709 | HP/WA: 082160961183

Tahap 4: Periode Pendaftaran Paket Kesetaraan

Hal yang sering diabaikan adalah masa pendaftaran PKBM. PKBM tidak membuka pendaftaran siswa baru setiap hari. Ini adalah hal yang penting untuk diingat. Biasanya, lembaga PKBM akan memulai pendaftaran untuk satu periode dalam satu tahun.  Periode pertama yang bisa diikuti biasanya Juni dan periode kedua Oktober. Tidak semua PKBM mulai bisa mendaftar pada waktu yang sama pada bulan tersebut, namun rata-rata PKBM mulai mendaftar pada bulan September hingga Agustus tahun selanjutnya.

Ujian kesetaran dapat Anda ikuti setalah memenuhi persyaratan dan mengikuti program paket yang dipilih. Ijazah yang akan didapatkan adalah legal, resmi dan diakui oleh negara. Anda dapat segera mendaftar paket kesetaraan melalui kontak layanan kami yang tersedia.

Untuk Lebih Lengkap Alur dan Proses dapat dilihat di penjelasan kami pada Proses Mendaftar Kejar Paket C disini. (Proses Mendaftar Kejar Paket C).

Untuk mengetahui Persyaratan Kejar Paket C Online tahun 2023 dapat dilihat di link di samping. (Kejar Paket C)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar