3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Syarat Ikut Program Ijazah Sekolah Kejar Paket B

Persyaratan Kejar Paket B Online

Mau Ikut Program Kejar Paket B? Ini Syarat yang Harus Dipersiapkan!


Untuk mengikuti program Kejar Paket B, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, simak informasi selengkapnya berikut ini!


Setiap orang tentu memiliki mimpi dan cita-citanya sendiri. Untuk mencapai cita-cita tersebut terkadang diharuskan memiliki jenjang pendidikan yang baik. Karena itulah, jika tidak sempat menyelesaikan pendidikan formal, Anda dapat mengikuti program Kejar Paket B.


Kejar Paket B adalah program yang diadakan oleh pemerintah supaya setiap warga bisa mendapatkan kesetaraan pendidikan. Dalam hal ini, Paket B setara dengan program formal sekolah menengah pertama, yaitu SMP.


Syarat Mengikuti Ujian Paket B


Kejar Paket A, B, dan C biasanya memiliki persyaratan yang hampir sama. Hanya ada beberapa hal yang mungkin akan berbeda. Berikut ini adalah beberapa persyaratan umum ikut ujian kesetaraan paket yang perlu Anda persiapkan sebelum mengikutinya:


1. Isi formulir pendaftaran


Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu. Formulir ini dapat diperoleh dengan mengakses lembaga pelaksana dan juga mendapatkannya secara online jika tersedia.


Juga, pastikan untuk mengisi semua bidang pada formulir untuk menghindari data yang salah atau hilang tentang identitas Anda. Di setiap PKBM mungkin akan diberikan formulir yang berbeda-beda, silakan hubungi Contak WA kami di HP/WA: 082160961183 .


2. Batas usia


Secara umum, tidak ada batasan usia untuk ujian kesetaraan paket B, tetapi berdasarkan usia standar, usia minimum adalah 12 atau 13 tahun atau lebih. Batas usia ini biasanya ditetapkan oleh lembaga pelaksana, sehingga Anda dapat menemukan batas usia normal yang berbeda untuk wilayah yang berbeda.


3. Lengkapi persyaratan dokumen


Saat mengirimkan formulir pendaftaran yang telah diisi, tentunya Anda akan diminta untuk menyerahkan persyaratan dokumentasi yang diperlukan. Persyaratan meliputi:

  1. 2 lembar fotokopi KTP,

  2. 10 lembar foto berwarna 3x4 (Kemeja putih dengan beground merah),

  3. 10 lembar pasfoto berwarna 2x3 (Kemeja putih dengan beground merah),

  4. 2 Lembar Fotokopi Kartu keluarga

  5. 10 Lembar Ijazah SD/ Paket B dilegalisir oleh sekolah asalnya

Siswa yang putus sekolah atau belum tamat SMP dan sederajat wajib menyerahkan rapor terkini disertai dengan surat pindah dari sekolah asal.


4. Bayar biaya pendaftaran


Selain itu, calon siswa perlu membayar biaya pendaftaran sesuai dengan peraturan instansi pelaksana. Biasanya sekitar 100.000 rupiah, tetapi jumlahnya bisa naik atau turun. Silakan tanyakan langsung pada instansi yang berkaitan.


Dengan mempertimbangkan berbagai kondisi tersebut, perlu dibuat rencana yang baik untuk melanjutkan pendidikan anak-anak yang telah diajar dengan model homeschooling.


Batasan usia dan peraturan lain yang disahkan negara tentu bisa membahayakan masa depan anak Anda jika tidak diatur dengan baik. Ini termasuk tindak lanjut materi belajar yang diuji dalam ujian kesetaraan.


Semua persyaratan untuk menjalankan ujian paket B harus dipenuhi. Ini memungkinkan Anda untuk mengikuti tes dengan lebih tenang karena tidak kewalahan oleh persyaratan yang tidak terpenuhi.


PKMB Kreatif, Tempat Terbaik untuk Ikut Ujian Kesetaraan


Syarat lain yang harus dipersiapkan adalah kesehatan mental, karena Anda perlu mempersiapkan diri untuk lebih rajin belajar mandiri. Di program Kejar paket B, Anda hanya akan masuk beberapa kali dalam seminggu, mungkin hanya 3 kali saja.


Tanpa ada persiapan mental, mungkin Anda akan menemukan kejenuhan. Hal itu disebabkan peserta paket ini cenderung tidak banyak memiliki semangat. Pasalnya, sekolah paket sangat berbeda dengan sekolah reguler lain.


Sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat mengikuti program kesetaraan di semua paket (A, B dan C). Silakan hubungi kontak layanan PKBM Kreatif untuk mendapatkan informasi yang lebih detail. Kelas dapat diikuti secara offlile atau pun online.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar